Monday, April 11, 2016

Komponen Sistem Database (Basis Data)

Ardian Bumi / / 0
Komponen Sistem Database (Sistem Basis Data) hampir sama dengan sistem informasi pada umumnya. Hanya saja dibedakan oleh pengguna. Karena tidak semua orang dapat berhubungan langsung dengan database.

Berikut adalah komponen database tersebut:



1. Data
Kata 'data' berasal dari bahasa Yunani yaitu 'datum' yang berarti fakta. Dalam bahasa Inggris, data bersifat jamak. Sehingga salah bila kita menyebut data-data. Data bersifat jamak, sedangkan datum bersifat satuan dan menyusun data. Data disimpan secara terintegritas (integrated), dimana fakta satu dengan fakta lainnya saling berhubungan. Data dapat dipakai secara bersama-sama (shared), sehingga kita dapat menggunakan data tersebut tanpa harus saling mengantri untuk menggunakan data tersebut.

2. Hardware

Merupakan alat atau perangkat komputer yang terdiri dari monitor, CPUm keyboard. Serta peralatan komunikasi data, dll.

3. Software 

Berfungsi sebagai perantara antara pemakai dengan data pada database. Dalam hal ini bisa dikatakan software adalah nyawa. Contoh software tersebut adalah:Database Management System (DBMS) seperti Oracle Postgre, MySQL, dll. Sedangkan untuk program aplikasi untuk memanipulasi data, seperti SQL Editor, dll

4. User
Ialah siapa saja yang menggunakan database tersebut. Berikut dibagi menjadi 3klasifikasi untuk pengguna: Database Administrator (DBA), orang/team yangbertugas mengelola system database secara keseluruhan, Programmerorang/teammembuat program aplikasi yang mengakses database dengan menggunakanbahasa pemrograman tertentu, dan End User, orang yang mengakses database melalui terminal dengan menggunakan query language.

Berikut tadi penjelasan singkat saya mengenai Komponen Sistem Database (Sistem Basis Data).


Sumber : duniadatabase.blogspot.co.id/

Ardian Bumi


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
Follow me @Bloggertheme9

0 komentar:

Terima kasih udah mau mampir dan yang ikhlas berkomentar.
Blog yang hanya beraktifitas lewat "hape" ini akan selalu banyak kekurangan, jadi sangat susah untuk menyertai "post pict".
Salam pembelajar.

Alternate

Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger